Tenik Bermain Futsal


Ada beberapa teknik dasar dalam bermain futsal namun yang paling utama dalam permainan futsal daripada sekedar teknik bermain adalah faktor stamina, dimana ada anggapan lama dari orang-orang dahulu bahwa pemain dengan stamina tinggi itulah yang menguasai lapangan, saya kira anggapan tersebut benar mungkin lebih baik menjadi pemain dengan teknik dan skill pas-pasan namun mempunyai stamina tinggi daripada menjadi pemain dengan teknik dan skill tinggi namun hanya bertahan beberapa menit saja di lapangan. hahaha…….
stamina tinggi jelas sangat diperlukan dalam futsal karena dengan faktor lapangan yang kecil seorang pemain dituntut untuk seimbang dalam melakukan pertahanan dan penyerangan, sehingga konsumsi energi yang diperlukan pun menjadi lebih besar, belum lagi saat melakukan gerakan teknik dan melakukan tembakan, jelas memakan energi yang sangat besar.
pada dasarnya ada teknik dasar dalam bermain futsal yaitu: passing, shooting, dan kontrol bola.
1. Passing:
Salah satu langkah dalam mengoper bola adalah dengan menggunakan sisi bagian dalam dari kaki, tidak masalah baik kaki kanan maupun kaki kiri, karena dengan menggunakan kaki dalam ini kita dapat melakukan operan/passing dengan lebih akurat karena bola tersebut dapat bergerak mendatar sehingga arah bola pun dapat kita kontrol dengan baik



2. Shooting,
Shooting adalah cara menendang bola untuk menghasilkan gol, biasanya seorang pemain menggunakan ujung kaki/sepatu. Namun biasanya bila kita sudah berhadapan dengan kiper, saat posisi kita kurang bagus untuk melakukan shoot (karena posisi bola sudah terlalu ke depan), maka menggunakan bagian tengah sampai daerah sekitar ibu jari akan membuat kita menendang bola tidak terlalu keras namun dapat diarahkan dengan baik kesudut kiri maupun kanan gawang. Karena dengan teknik ini, bola akan melesat dengan kecepatan sedang, meskipun tidak sekeras menggunakan ujung kaki/sepatu namun teknik ini cukup mumpuni saat kita sudah berada terlalu dekat dengan kiper dan tidak mempunyai kemampuan untuk mengecoh kiper.
3. Kontrol bola
dalam futsal kontrol bola yang baik jelas diperlukan, karena lapangan futsal sendiri relatif kecil sehingga sangat jarang kita dapat melakukan sprint di lapangan futsal, sehingga kontrol bola yang baik diperlukan baik dalam offense maupun dalam defense, dengan tujuan agar bola dapat kita pertahankan dengan baik terutama bila berhadapan 1-1 dengan pemain lawan.
Tips bermain futsal.
Karena gawangnya kecil maka dalam mencetak gol kadang kita dihadapkan pada dua pilihan menggunakan skill untuk mengecoh lawan termasuk kiper atau menendang sekeras-kerasnya dengan harapan kiper lawan ciut karena melihat kerasnya bola yang meluncur, namun cara tersebut tidak terlalu efektif karena meskipun kita memiliki skill yang bagus kadang kita harus berhadapan dengan 2-3 pemain lawan di daerah pertahanan mereka, dan juga karena gawangnya kecil menendang keras lebih hanya memiliki kemungkinan besar bagi bola untuk mengenai pemain lawan daripada memasukan bola kedalam gawang.
maka dalam futsal seorang pemain dituntut untuk memiliki visi yang baik, sebagai contoh saat menggiring bola tidak selalu melihat kebawah namun berusaha untuk melihat posisi pemain lawan dan kawan, tentunya tujuannya sudah jelas agar dalam melakukan passing maupun shooting dapat lebih akurat arahnya kepada target yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar